Tahukah anda apa itu PHP? Ini pengertiannya



Apa itu sebenarnya yang dimaksud PHP? Mungkin masih banyak yang belum mengerti, kita hanya sering mendengar istilah PHP tapi tidak tahu maksudnya. Bagi mereka yang pernah sekolah atau terjun di dunia IT (Informasi Teknologi) dan yang mengenal web pasti sudah paham. Kali ini kita akan bahas apa itu PHP?


Istilah PHP atau yang disebut PHP Hypertext Preprocessor, adalah bahasa pemrograman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses suatu data dinamis. PHP disebut juga server-side, embedded script language maksudnya adalah suatu perintah yang anda berikan pasti akan dijalankan oleh server, akan tetapi harus disertakan pada halaman HTML. Telah banyak aplikasi yang dibangun atau dibuat dari PHP, tapi yang memberikan hasil pada web browser untuk proses secara seluruhnya tetap dijalankan oleh server.


BEBERAPA KELEBIHAN DARI PHP


1. PRAKTIS


PHP merupakan bahasa pemrograman yang longgar di dalam suatu penulisan, hal tersebut yang dapat membuat praktis bagi para penggunanya. Contohnya saja programmer tidak diharuskan untuk menulis atau menghapus variabel. Meskipun terkadang mereka juga tidak dapat mengungkapkan dengan mudah dan kemudian dipanggil dalam sebuah skrip, menebak formula terbaik dalam penetapan variabel secara otomatis kemudian menghapus variabel dan mengembalikan resource ke sistem setelah skrip berhasil di eksekusi. Pada akhirnya, PHP mampu membuat programmer lebih berpikir pada tujuan akhir dari project yang akan dibuat.


2. STABIL


sangat jarang adanya developer PHP terkena implementasi pemecahan masalah. Sisi yang lain, banyak pilihan-pilihan yang ditawarkan oleh PHP.


Banyak contoh database yang telah didukung oleh PHP. Mira-kira semuanya ada 25 database, termasuk FrontBase, Hyperwave, IBM DB2, Informix, Ingres, Interbase, mSQL, direct MS-SQL, MySQL, Oracle, Ovrimos, PostgreSQL, Solid, Sybase, Unix dbm, 8Adabas D, dBase, Empress, FilePro, dan Velocis.


String-parsing juga dapat dianggap sebagai banyaknya PHP yang ditawarkan oleh PHP. Dalam masalah in, PHP mempunyai lebih dari 85 fungsi untuk memanipulasi string. Kelebihan ini tidak hanya menawarkan kebebasan untuk memberikan suatu operasi string yang lebih kompleks, tapi juga menjembatani program yang mempunyai fungsionalitas yang sama misal seperti Python dan Perl) lewat PHP.


3. PRICE


PHP termasuk salah satu dari open source software, yang mampu6 diartikan sebagai berikut: PHP dapat dimodifikasi, didistribusikan, dan sanggup diintegrasikan dengan produk lain oleh penggunanya.


Pengembangan dan auditing yang dilakukan secara terbuka. Semua orang dapat berpastisipasi.


4. KEMAMPUAN


Mungkin sudah menjadi suatu rahasia kalau PHP dapat membuat halaman dinamis, memanipulasi form, dan dapat dihubungkan dengan database. Selain itu, PHP juga memliki kemampuan melakukan hal-hal sepeeri dibawah ini:

Dapat menguraikan string, bahkan yang kompleks sekalipun, dengan menggunakan POSIX dan Perl Based Regular Expression Library.
Berkomunikasi dengan banyak protokol, termasuk IMAP, POP3 dan NNTP.
Berkomunikasi dengan credit-card processing solution
Menciptakan dan memanipulasi suatj file Macromedia Flash, gambar, dan Portable Document Format (PDF).
Mengevaluasi password. Contoh: sebuah password yang awalnya telah dibuat.mudah ditebak ataupun yang tidak.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tahukah anda apa itu PHP? Ini pengertiannya"